Kamis, 26 Januari 2017

Ada Dua Desa di Karanganyar yang Tidak Terima Bantuan Keuangan Sarpras Desa

Untuk sarana dan prasarana ( Sarprasa ) Desa di tahun 2017 ini ada dua Desa di Kabupaten Karanganyar tidak mendapatkan bantuan keuangan atau Bankeu  
Karena tidak mendapatkan bantuan keuangan (Bankeu) akibatnya dua desa tersebut dimungkinkan tidak bisa mengembangkan sejumlah sarprasnya.

Dilansir dari Joglosemar.co Kamis 26/01/2017 Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Karanganyar, Ali Ghufron, saat ditemui Joglosemar disela-sela sosialisasi DPA di rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (24/1/2017) mengungkapkan, dua desa yang tidak menerima Bankeu Sarpras dari tersebut yakni Desa Gemantar dan Tungulrejo, Kecamatan Jumantono.

“Ada dua desa yang tidak menerima Bankeu Sarpras, dan dimungkinkan dua desa itu tidak bisa mengembangkan pembangunan yang ada di desanya,” kata Ali Gufron.

Ditanya apa sebab kedua desa tersebut tidak bisa mendapatkan Bankeu dari Pemkab, Ali menjelaskan, bahwa hal ini karena di tahun 2016 lalu kedua desa tersebut tidak mengajukan proposal untuk pencairan Bankeu Sarpras.

Maka dari itu, keduanya di tahun ini di dalam anggaran penetapan tidak dapat menerima bantuan tersebut.

“Keduanya tidak mengajukan proposal pengajuan. Entah karena desa tersebut sudah mampu atau bagaimana kita belum tahu,” jelasnya.

Lebih lanjut Ali mengungkapkan total Bankeu  yang disalurkan ke-162 desa pada anggaran penetapan 2017 ini mencapai Rp 46 miliar. Dan rata-rata setiap desa menerima sekitar Rp 300 hingga  Rp 700 juta.

“Bantuan itu dasarnya dari pengajuan kepala desa, kemudian kita ajukan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kemudian diajukan ke Bupati dan selanjutnya masuk ke RAPBD,” jelasnya.

Meski begitu, untuk tahun ini jumlah desa yang tidak mendapatkan Bankeu Sarpras sudah jauh berkurang jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Dari data yang dimiliki oleh Pemkab di tahun 2016 ada sebanyak 35 desa tidak menerima bantuan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar